Selasa, 13 Januari 2015

Iklan Dalam Etika Bisnis

                                               



  

 Di Indonesia pertumbuhan penduduk yang sangat besar tidak sebanding dengan sarana air yang disediakan oleh negara, sehingga untuk memenuhi kebutuhan akan air sebagian penduduk memanfaatkan air tanah dan air sumur, mesin air Shimizu inilah yang menjadi sarana untuk memompa air dai tanah maupun sumur.

Iklan berbau erotis pompa air Shimizu yang telah di tayangkan di televisi Indonesia iklan ini kemudian banyak di protes oleh para masyarakat yang melihatnya karena mengandung unsur pornografi. didalam iklan Shimizu yang berdurasi selama 30 detik memperlihatkan sensari erotis yang cukup menantang, padahal produk tersebut tidak sesuai dengan iklan yang ditayangan.

Tayangan iklan mesin air Shimizu tersebut tentu sangat tidak pantas dan tidak beretika karena tidak pantas dilihat oleh anak-anak dibawah umur, dari sisi kreatif iklan, tentu ini merupakan iklan yang berkreatifitas paling rendah karena iklan seperti ini hanya mengambil gampangnya saja tanpa memikirkan efeknya yang di dapat pada anak-anak di bawah umur.

Dengan demikian sebaiknya jika ingin membuat iklan seharusnya di sesuaikan dengan produk yang ingin di pasarkan, karena jika iklan tersebut mendapat protes dari masyarakat, maka akan mendapat efek negatif pada perusahaan tersebut dan produk yang di pasarkan tidak mendapatkan kepercayaan di mata masyarakat. agar tidak menimbulkan hal-hal yang merugikan di masyarakat maupun perusahaan tersebut buatlah iklan sesuai dengan standar produk yang dipasarkan.


Kamis, 20 November 2014

Ekonomi Internasional

1. Terangkan pengaruh pemberlakuan tarif terhadap Term of Trade (ToT) dan apa kaitannya dengan ekonomi negara tersebut!
Jawab :
Perlakuan tarif akan menurunkan volume perdagangan, namun dalam waktu bersamaan akan meningkatkan nilai tukar perdagangannya. volume perdagangan tersebut cenderung menurunkan tingkat kesejahteraan negara tersebut secara keseluruhan. kaitannya dengan ekonomi negara tersebut adalah jika pertumbuhan ekonomi negara itu menyebabkan mengingkatnya permintaan barang impornya dan adanya kelebihan barang ekspor sehingga (ToT) akan turun secara drastis.

2. Apa yang dimaksud dengan tarif optimal, bagaimana cara menentukannya?
Jawab:
Tarif optimal adalah tingkat tarif yang dapat memaksimalkan manfaat netto yang bersumber dari perbaikan nilai tukar perdagangan, sehingga dapat melunturkan dampak negatif yang diakibatkan oleh berkurangnya volume perdagangan. Cara menentukannya adalah ketika sebuah negara memberlakukan tarif, maka sampai batas tertentu kesejahteraannya akan meningkat hingga ke titik maksimal, maka titik tersebut disebut tarif optimal.
 
      3. Terangkan subsidi disuatu negara dapat merugikan atau menguntungkan negara lain!
Jawab:
Kebijakan subsidi biasanya diberikan untuk menurunkan biaya produksi barang domestic sehingga barang tersebut dapat lebih murah dan bersaing di pasar internasional. Tujuan subsidi adalah melindungi produk dalam negeri, melindungi tenaga kerja dalam negeri, meningkatkan devisa Negara, dan mencegah terjadinya dumping.
 
   4.Terangkan mengapa migrasi dapat menurunkan tingkat kemakmuran pekerja yang bermigrasi, meskipun upah yang diterima lebih tinggi!
Jawab:
Biaya hidup yang ditanggung oleh pekerja yang bermigrasi lebih besar dari pada upah yang diterima, karena disetiap daerah berbeda-beda biaya kehidupannya, sehingga menurunkan tingkat kesejahteraan pekerja yang bermigrasi. Jadi, walaupun setiap pekerja mendapatkan upah yang tinggi, tetapi suatu daerah yang ditetapkan memiliki biaya hidup yang tinggi pula maka pekerja yang bermigrasi pun akan merasakan penurunan kemakmukaran kehidupannya.
 
      5. Terangkan apa pengaruhnya terhadap nilai :
          ·         Tukar rupiah jika permintaan eskpor naik
          ·         Tingkat suku bunga negara asing naik
          ·         Berkurangnya pembayaran hutang luar negeri
      Jawab:
         ·  Jika permintaan ekspor naik  maka nilai tukar rupiah akan naik. Karena Ekspor meningkatkan permintaan atas mata uang negara eksportir, karena dalam ekspor, biasanya terjadi pertukaran mata uang negara tujuan dengan mata uang negara eksportir. Pertukaran ini terjadi karena si eksportir membutuhkan hasil akhir ekspor dalam bentuk mata uang negerinya agar bisa ia pakai dalam usahanya.
         ·  Jika tingkkat suku bunga Negara asing naik maka nilai rupiah akan turun, karena Jika suku bunga Negara tersebut tinggi maka permintaan mata uang Negara tersebut akan bertambah dan investor baik lokal maupun mancanegara akan tertarik berinvestasi demi keuntungan yang lebih besar.
         ·  Jika pembayaran utang luar negeri berkurang, maka nilai tukar rupiah akan naik karna dengan berkurangnya hutang luar negeri ini, permintaan nilai tukar Negara asing tersebut akan berkurang dan rupiah akan naik.

   6. Jika suatu negara untuk mempertahankan, menignkatkan ekspor dengan cara mengitervensi nilai tukar menjadi lebih rendah (terdeoresiasi). Jelaskan perngaruhnya terhadap inflasi dan jika ada bagaimana langkah preventif yang dilakukan pemerintah!
Jawab:
Nilai tukar rupiah yang terdepresiasi akan menyebabkan inflasi terhadap ekonomi Indonesia, langkah preventif yang dilakukan adalah dengan tetap mempertahankan nilai rupiah dan menaikan tingkat suku bunga di Indonesia.

Selasa, 11 November 2014

Konflik Dalam Etika Bisnis


Teori


Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.

Konflik berasal dari kata kerja Latinconfigere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Kasus/Artikel

Pembelian pada online shop yang disebut belanja via online adalah proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual barang atau jasa melalui internet dimana antara penjual dan pembeli tidak pernah bertemu dan barang yang diperjual belikan ditawarkan melalui gambar yang tersedia di suatu website.
Salah satu kasus yang saya ambil adalah pembelian tas pada Post shop di kota Jakarta, Ketika membeli suatu barang tetapi barang tersebut tidak sesuai dengan gambar yang tertera pada website, misal dari warna, bahan atau ukuran, kemudian wajib meminta refund (pengembalian uang) pada Online shop tersebut  tetapi ada juga Online shop yang tidak mau refund (pengembalian uang) maka dari itu dampak membeli melalui internet adalah seperti itu.

Analisis

Online shop yang baik adalah Online shop yang mampu membuat para konsumen nya percaya akan barang yang dijual nya itu mempunyai kualitas yang baik serta owner yang ramah.
Pada kasus diatas seharusnya Post shop dapat memberikan kepercayaan pada setiap konsumen yang ingin membeli tas. 
Post shop juga harus menyesuaikan barang yang ada di gambar dengan yang aslinya misalnya dari warna, bahan serta ukuran tas yang di pesan  oleh konsumen sehingga membuat para konsumen percaya pada Post shop. Dan untuk para Online shop lain nya sebaiknya dapat memberikan kepercayaan kepada konsumen sehingga banyak konsumen yakin untuk membeli barang pada Online shop tersebut.

Referensi


Senin, 20 Oktober 2014

Corporate Social Responsibility

1.Kasus
Contoh perusahaan yang melakukan program CSR adalah PT. Sido Muncul.

2.Teori
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap social maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah fenomena dan strategi yang digunakan perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya.

MANFAAT CSR BAGI MASYARAKAT 
  • Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan.
  • Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut
  • Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
  • Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. 
 MANFAAT CSR BAGI PERUSAHAAN
  • Meningkatkan citra perusahaan. 
  • Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
  • Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat  
  • Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
  • Memberikan inovasi bagi perusahaan  
 3. Analisis
       Seperti banyak orang ketahui PT. Sido Muncul ini merupakan salah satu perusahaan jamu terbesar di Indonesia yang sudah dikenal luas yang telah berdiri sejak tahun 1940. PT Sido Muncul memberikan jamu yang berkualitas baik untuk para konsumennya. PT Sido Muncul memiliki program internal maupun eksternal, salah satu program eksternalnya adalah memberikan mudik gratis bagi konsumen setia PT. Sido Muncul.
      Program yang pada awalnya hampir diakhiri ini malah akhirnya menjadi salah satu kegiatan CSR unggulan Sido Muncul yag sukses dan banyak di ikuti oleh perusahaan lain. Program mudik gratis Sido Muncul ini mrupakan kegiatan besar dengan dana yang besar pula sehingga diperlukan perencanaaan 3-4 bulan setiap tahunnya. 
        Program Mudik Gratis Bersama Sido Muncul ini termasuk kegiatan Corporate Social Responsibility PT. Sido Muncul. CSR menurut Netufe (2001;9) yang mengutip definisi dari WBCSD (World Bisnis Council For Suitanable Development) adalah " Komitmen berkelanjutan kalangan bisnis untuk berperilaku etis dan memberikan sumbangan pada pembangunan ekonomi sekaligus memperbaiki mutu hidup angkatan kerja dan keluarganya serta komunitas lokal dan masyarakat secara keselurughan. " 

REFERENSI
http://seputar-mahasiswa.blogspot.com/2013/10/pengertian-csr-manfaat-csr-dan_3763.html 
http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/11723818.pdf 

Senin, 13 Oktober 2014

Teori Etika Utilitarian

1. KASUS  

Salah satu usaha yang ada di dekat rumah saya yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar adalah toko sembako.

2. TEORI

  • Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Istilah ini juga sering disebut sebagai teori kebahagiaan terbesar (the greatest happiness theory). Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremy Bentham dan muridnya, John Stuart Mill. 
  • Etika utilitarian adalah suatu idea atau faham dalam falsafah moral yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar.
  • Teori utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.

3. ANALISIS 

Teori utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat. salah satu contoh toko sembako didekat rumah saya yang bernama toko sembako Raffi, toko sembako Raffi ini adalah kepemilikan kakak perempuan saya yang terletak tidak jauh dari rumah saya. menurut saya keberadaan toko sembako Raffi ini yang berjarak tidak jauh dari rumah saya sangat bermanfaat bagi saya yang tidak perlu jauh-jauh membeli keperluan untuk sehari-hari dan juga sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar yang tidak harus kepasar untuk mencari kebutuhan sehari-hari, selain itu harga yang ditawarkan pada toko sembako itu terbilang lebih murah dibanding dipasar dengan begitu masyarakat sekitar lebih memilih berbelanja di toko sembako tersebut dari pada dipasar. Jadi, kehadiran toko sembako ini sangat bermanfaat dan keberadaannya sangat dibutuhkan di lingkungan sekitar rumah saya.

4. REFRENSI

http://id.wikipedia.org/wiki/Utilitarianisme (13/10/2014 23:30)

Senin, 06 Oktober 2014

Pernikahan Adat Betawi

Sekarang saya akan menceritakan proses pernikahan pada adat Betawi ,disini ada beberapa susunana acara pada pernikahan adat Betawi, adat pernikahan Betawi adalah adat yang masih sering dilakukan di Indonesia, diantanya :

          Yang pertama adalah Ngadelengin, pada pernikahan adat Betawi ini, ngadelengin ini adalah proses mencari pasangan yang bisa dilakukan oleh siapa aja termasuk lelaki, setelah mereka merasa cocok dengan pertemuan mereka , proses meminta ke pihak perempuan yang biasanya dilakukan atau bisa disebut dengan mak comblang, si perempuan akan diberi uang sembe atau angpao jika terjadi kecocokan diantara mereka, dan tugas mak comlang berikutnya adalah mempersiapkan acara untung lamaran.
         Yang kedua adalah Ngelamar Pada pernikahan adat Betawi ini ngelamar adalah proses dimana permintaan pihak lelaki pada pihak perempuan secara resmi dan permintaan tersebut akan dijawab pada saat itu juga oleh pihak perempuan.
hal yang harus disiapkan untuk ngelamar adalah pisang raja, roti tawar dan sirih.
          Yang ketiga adalah Akad Nikah, Sebelum acara akad nikah dimulai, ada pra akad nikah dimana prosesnya sebagai berikut: masa dipiara, acara mandiin, acara tanggas, acara ngerik dan acara untuk mempelai wanita memerahkan kuku kaki dan kuku tangan nya dengan menggunakan pacar.
setelah proses pra akad nikah kemudian dilakukan akad nikah yaitu dengan kedatangan pihak lelaki ke pihak perempuan dengan membawa berbagai seserahan yang diantaranya adalah sirih nanas hiasan , sirih nanas lamaran, mas kawin, miniatur bebek-bebekan yang berbentuk uang, dan sepasang roti buaya yang menandakan bawa roti buaya tersebut simbol kesetiaan kepada pasangan pengantin itu. setelah itu pengantin pria akan membuka cadar yang digunakan oleh pengantin perempuan untuk mengetahui apakah benar wajah tersebut adalah wanita yang telah dinikahinya.
          Yang keempat adalah Pulang Tiga Hari, Sebagai tanda kegembiraan pada pihak lelaki, orang tua lelaki atas kesucian yang telah dipelihara oleh pengantin wanita akan diberikan hadiah kepada pihak wanita, setelah acara ini selesai maka pengantin pria dan wanita sudah resmi untuk tinggal bersama satu rumah yang mereka inginkan.
           Dan yang terakhir adalah Tradisi Palang Pintu dan Resepsi, Palang pintu yang dilakukan pada adat Betawi ini sangatlah menghibur para tamu , palang pintu bertujuan untuk mengenal antar keluarga dan maksud tujuan kedatangan. acara ini dilaksanakan sebelum akad nikah dimulai, tepatkan ketika rombongan besan pihak lelaki datang maka akan di halang masuk oleh jagoan pada pihak wanita, jadi pihak lelaki harus mengalahkan pihak wanita setalah dikalahkan barulah rombongan pihak lelaki boleh memasuki acara resepsi.

Sekian yang dapat saya ceritakan pada pernikahan adat Betawi ini semoga dapat bermanfaat untuk yang membaca, Terima Kasih.

Minggu, 10 Agustus 2014

Teori Membuat Proposal

Pengertian Proposal
        Proposal adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan dilakukan oleh seorang peneliti tentang suatu bahan penelitian. Proposal biasanya memiliki suatu bentuk, dengan berbagai standar tertentu seperti penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan, dan lain-lain.

Macam-macam Proposal

        Macam-macam Proposal adalah sebagai berikut :
1. Proposal Bisnis, contohnya proposal pendirian usaha
2. Proposal Proyek, contohnya proposal pengajuan dana kepada lembaga donor
3. Proposal Penelitian, contohnya proposal skripsi, tesis, dan disertasi
4. Proposal kegiatan. contohnya proposal kegiatan seminar, pelatihan, dan lomba

Kriteria Proposal yang Baik

        Kriteria Proposal yang baik adalah sebagai berikut :
1. Jelas, proposal harus dapat memaparkan kegiatan secara jelas
2. Singkat, proposal harus ditulis singkat tanpa melupakan kaidah-kaidah penulisan dan mengurangi kejelasan dan kelengkapan proposal
3. Lengkap, proposal harus dibuat secara lengkap artinya proposal harus dibuat dengan informasi pendukung
4. Benar, kebenaran proposal sangat dipengaruhi oleh nurani pembuat
5. Tidak Kadaluarsa, keakuratan dan ketepatan data pendukung sangat diperlukan
Sistematika Proposal
        Sistematika proposal adalah sebagai berikut :
1. Halaman Judul
2. Halaman Pengesahan
3. Ringkasan Isi Proposal
4. Kata Pengantar
5. Daftar Isi
6. Bab I Pendahuluan
    A. Latar Belakang
    B. Tujuan
    C. Hasil yang Diharapkan
7. Bab II Deskripsi Kegiatan
8. Bab III Rencana Pembiayaan
9. Penutupan

Sumber :
1. http://girlycious09.wordpress.com/2011/05/17/proposal/
2. http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-fungsi-jenis-proposal.html
3. http://dwianggi92.wordpress.com/2012/05/29/tugas-periode-3-pengertian-sistematika-dan-contoh-proposal/