Senin, 13 Oktober 2014

Teori Etika Utilitarian

1. KASUS  

Salah satu usaha yang ada di dekat rumah saya yang memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar adalah toko sembako.

2. TEORI

  • Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Istilah ini juga sering disebut sebagai teori kebahagiaan terbesar (the greatest happiness theory). Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremy Bentham dan muridnya, John Stuart Mill. 
  • Etika utilitarian adalah suatu idea atau faham dalam falsafah moral yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar.
  • Teori utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.

3. ANALISIS 

Teori utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat. salah satu contoh toko sembako didekat rumah saya yang bernama toko sembako Raffi, toko sembako Raffi ini adalah kepemilikan kakak perempuan saya yang terletak tidak jauh dari rumah saya. menurut saya keberadaan toko sembako Raffi ini yang berjarak tidak jauh dari rumah saya sangat bermanfaat bagi saya yang tidak perlu jauh-jauh membeli keperluan untuk sehari-hari dan juga sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar yang tidak harus kepasar untuk mencari kebutuhan sehari-hari, selain itu harga yang ditawarkan pada toko sembako itu terbilang lebih murah dibanding dipasar dengan begitu masyarakat sekitar lebih memilih berbelanja di toko sembako tersebut dari pada dipasar. Jadi, kehadiran toko sembako ini sangat bermanfaat dan keberadaannya sangat dibutuhkan di lingkungan sekitar rumah saya.

4. REFRENSI

http://id.wikipedia.org/wiki/Utilitarianisme (13/10/2014 23:30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar