Senin, 06 Oktober 2014

Pernikahan Adat Betawi

Sekarang saya akan menceritakan proses pernikahan pada adat Betawi ,disini ada beberapa susunana acara pada pernikahan adat Betawi, adat pernikahan Betawi adalah adat yang masih sering dilakukan di Indonesia, diantanya :

          Yang pertama adalah Ngadelengin, pada pernikahan adat Betawi ini, ngadelengin ini adalah proses mencari pasangan yang bisa dilakukan oleh siapa aja termasuk lelaki, setelah mereka merasa cocok dengan pertemuan mereka , proses meminta ke pihak perempuan yang biasanya dilakukan atau bisa disebut dengan mak comblang, si perempuan akan diberi uang sembe atau angpao jika terjadi kecocokan diantara mereka, dan tugas mak comlang berikutnya adalah mempersiapkan acara untung lamaran.
         Yang kedua adalah Ngelamar Pada pernikahan adat Betawi ini ngelamar adalah proses dimana permintaan pihak lelaki pada pihak perempuan secara resmi dan permintaan tersebut akan dijawab pada saat itu juga oleh pihak perempuan.
hal yang harus disiapkan untuk ngelamar adalah pisang raja, roti tawar dan sirih.
          Yang ketiga adalah Akad Nikah, Sebelum acara akad nikah dimulai, ada pra akad nikah dimana prosesnya sebagai berikut: masa dipiara, acara mandiin, acara tanggas, acara ngerik dan acara untuk mempelai wanita memerahkan kuku kaki dan kuku tangan nya dengan menggunakan pacar.
setelah proses pra akad nikah kemudian dilakukan akad nikah yaitu dengan kedatangan pihak lelaki ke pihak perempuan dengan membawa berbagai seserahan yang diantaranya adalah sirih nanas hiasan , sirih nanas lamaran, mas kawin, miniatur bebek-bebekan yang berbentuk uang, dan sepasang roti buaya yang menandakan bawa roti buaya tersebut simbol kesetiaan kepada pasangan pengantin itu. setelah itu pengantin pria akan membuka cadar yang digunakan oleh pengantin perempuan untuk mengetahui apakah benar wajah tersebut adalah wanita yang telah dinikahinya.
          Yang keempat adalah Pulang Tiga Hari, Sebagai tanda kegembiraan pada pihak lelaki, orang tua lelaki atas kesucian yang telah dipelihara oleh pengantin wanita akan diberikan hadiah kepada pihak wanita, setelah acara ini selesai maka pengantin pria dan wanita sudah resmi untuk tinggal bersama satu rumah yang mereka inginkan.
           Dan yang terakhir adalah Tradisi Palang Pintu dan Resepsi, Palang pintu yang dilakukan pada adat Betawi ini sangatlah menghibur para tamu , palang pintu bertujuan untuk mengenal antar keluarga dan maksud tujuan kedatangan. acara ini dilaksanakan sebelum akad nikah dimulai, tepatkan ketika rombongan besan pihak lelaki datang maka akan di halang masuk oleh jagoan pada pihak wanita, jadi pihak lelaki harus mengalahkan pihak wanita setalah dikalahkan barulah rombongan pihak lelaki boleh memasuki acara resepsi.

Sekian yang dapat saya ceritakan pada pernikahan adat Betawi ini semoga dapat bermanfaat untuk yang membaca, Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar