Selasa, 11 November 2014

Konflik Dalam Etika Bisnis


Teori


Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.

Konflik berasal dari kata kerja Latinconfigere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Kasus/Artikel

Pembelian pada online shop yang disebut belanja via online adalah proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual barang atau jasa melalui internet dimana antara penjual dan pembeli tidak pernah bertemu dan barang yang diperjual belikan ditawarkan melalui gambar yang tersedia di suatu website.
Salah satu kasus yang saya ambil adalah pembelian tas pada Post shop di kota Jakarta, Ketika membeli suatu barang tetapi barang tersebut tidak sesuai dengan gambar yang tertera pada website, misal dari warna, bahan atau ukuran, kemudian wajib meminta refund (pengembalian uang) pada Online shop tersebut  tetapi ada juga Online shop yang tidak mau refund (pengembalian uang) maka dari itu dampak membeli melalui internet adalah seperti itu.

Analisis

Online shop yang baik adalah Online shop yang mampu membuat para konsumen nya percaya akan barang yang dijual nya itu mempunyai kualitas yang baik serta owner yang ramah.
Pada kasus diatas seharusnya Post shop dapat memberikan kepercayaan pada setiap konsumen yang ingin membeli tas. 
Post shop juga harus menyesuaikan barang yang ada di gambar dengan yang aslinya misalnya dari warna, bahan serta ukuran tas yang di pesan  oleh konsumen sehingga membuat para konsumen percaya pada Post shop. Dan untuk para Online shop lain nya sebaiknya dapat memberikan kepercayaan kepada konsumen sehingga banyak konsumen yakin untuk membeli barang pada Online shop tersebut.

Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar