Rabu, 06 November 2013

Segmentasi Pasar



Segmentasi Pasar


Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Agar segmentasi pasar atau pengelompokkan pasar dapat berjalan dengan efektif maka harus memenuhi syarat-syarat pengelompokkan pasar sebagai berikut :
  1. Measurability, yaitu ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.
  2. Accessibility, yaitu suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan (mengarahkan) usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
  3. Substantiability, yaitu segmen pasar harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.

Tujuan Segmentasi Pasar
Tujuan adanya segmentasi pasar adalah sebagai berikut :
  • Menyalurkan uang dan usaha ke pasar potensial yang paling menguntungkan
  • Merencanakan produk yang dapat memenuhi permintaan pasar
  • Menentukan cara-cara promosi yang paling tepat bagi perusahaan
  • memilih media advertensi yang lebih baik dan menemukan bagaimana mengalokasikan secara baik.
  • Mengatur waktu yang sebaik-baiknya dalam promosi
  • Para penjual atau perusahaan akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menempatkan (mengarahkan) serta membandingkan kesempatan-kesempatan atau harapan-harapan dalam pemasaran sehingga dapat mempelajari kebutuhan tiap segmen
  • Para penjual dapat menggunakan pengetahuannya untuk menanggapi usaha pemasaran yang berbeda-beda sehingga dapat mengalokasikan anggarannya dengan lebih tepat terhadap berbagai segmen.
  • Penjual dapat mengatur lebih baik produksnya dengan cara pemasarannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar