Selasa, 15 November 2011

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab adalah sebuah resiko yang harus diambil seseorang dalam menjalakan suatu pilhan. Tanggung jawab sangat bermacam-macam seperti misalnya bertanggung jawab pada keluarga,bertanggung jawab pada masyarakat,tanggung jawab pada bangsa, tanggung jawab pada tuhan, dan tanggung jawab pada diri sendiri.

Dalam tugas ini saya akan membahas tentang manusia dan tanggung jawab. Tanggung jawab adalah sesuatu yang sangat berkaitan dengan manusia, karena setiap perbuatan dan perilaku setiap manusia ada konsekuensinya.  Perbuatan manusia yang baik ataupun buruk pasti akan memiliki resiko yang harus dipertanggung jawabkan. Seperti contoh seorang mahasiswa bolos pada saat ujian, ia lebih mementingkan kepentingan diluar kuliah maka konsekuensi yang harus ia pertanggun jawabkan adalah tidak dapat nilai atau mengulang. Sebaiknya jika kita ingin mengambil keputusan hendaknya kita pikirkan resikonya terlebih dahulu sehingga kita dapat mengukur apakah tidakan yang kita ambil tersebut dapat dipertanggung jawabkan atau tidak.
Belajar bertanggung jawab dapat dimulai dari diri sendiri , bentuk tanggung jawab pada diri sendiri dapat dinilai apakah kita bisa mengendalikan diri kita pada setiap kondisi dan mampukah kita menghadapi setiap masalah atau tantangan dari keputusan dan perilaku yang kita perbuat. manusia pada dasarnya tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menunutut kepedulian dan tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan frekwensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda. Tanggung jawab juga sangat berkaitan dengan nurani kita. Tanggung jawab juga merupakan tugas dan amanat yang harus dilakukan manusia maka dari itu manusia disbeut mahluk sosial karena dalam hidupnya mereka selalu berinteraksi satu sama lain sehingga pada setiap perbuatan dan perilakunya akan mendatangkan konsekuensi yang harus dipertanggung jawabkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar