ANALISIS
PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN
PRODUK
SAYURAN DI PASAR MODERN KOTA BEKASI
Oleh
: Euis Dasipah, Haris Budiyono, Meilan Julaeni , Vol. 1
No. 2, Juli 2010
Berdasarkan jenis kelamin lebih dominan wanita yang
sering berkunjung ke pasar tradisional untuk membeli kebutuhan rumah tangga
dibandingkan laki-laki yang sibuk bkerja mencari nafkah , dari tingkat
pendapatan yang diperoleh dari pekerjaan responden kebanyakan berpenghasilan
perbulan sekitar Rp.2.000.000 – Rp.3.000.000. dari hasil riset kebanyakan yang
berkunjung ke pasar tradisional adalah wanita yang sudah lanjut usia dibanding
dengan wanita yang ber usia muda dikarenakan wanita berusia muda lebih
mementingkan kesehatan jika berbelanja di pasar modern. Konsumen
mengaku pada saat berbelanja di pasar tradisional tidak keberatan membayar
lebih karena harga nya sepadan dengan mutu dan kualiatas sayuran yang masih
segar, sebagian konsumen dapat menghabiskan uang sekitar Rp. 20000 – Rp.25000
perhari. Ada 15 variabel faktor yang di gunakan untuk mempengaruhi proses
pembelian ,besar pengaruh 15 faktor tersebut dapat di ketahui memalalui nilai
communalitynya, jadi semakin besar nilai communalitynya semakin besar juga
pengaruhnya terhadap proses pembelian, ke 15 faktor tersebut adalah keadaan
ekonomi, kelompok referensi, pekerjaan ,usia dan tahap siklus hidup, peran dan
status, persepsi, kepribadian, kelas sosial, gaya hidup , keluarga,
pembelajaran, motivasi, kultur, keyakinan dan yang terakhir demografi. Keadaan ekonomi para konsumen
merupakan faktor dominan yang menjadi pertimbangan para konsumen untuk memilih
produk yang berkaitan dengan pendapatan para konsumen, pekerjaan seseorang
jjuga dapat mempengaruhi pola konsumsi, konsumen dengan pendapatan yang lebih
tinggi dapat memilih membeli sayuran di supermarket dibandingkan di pasar
tradisional sebaliknya juga dengan konsumen yang berpendapatan cukup mereka
lebih memilih membeli sayuran ataupun perlengkapan rumah tangga di pasar
tradisional.
Ada
beberapa komponen utama , yang pertama adalah komponen utama pribadi adalah
pekerjaan, komponen utama kedua adalah peran dan status ternyata dapat
mempengaruhi responden dalam membeli sayuran, komponen utama ketiga adalah usia
dan tahap siklus faktor ini menyatakan usia dan tahap siklus akan mempengaruhi
perilaku karena sayuran yang dijual aman, bersih untuk di konsumsi bagi
kesehatan dan untuk yang terakhir komponen utama keempat adalah pembelajaran
jadi konsumen dapat memperoleh pengalaman dalam pembelian produk dan merk
produk yang disukainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar