Minggu, 12 Januari 2014

perilaku konsumen di kota kota besar

bagaimana pendapat anda terhadap perilaku konsumen di jabotabek khususnya kota depok .
Jawab : Pendapat saya terhadap perilaku konsumen di Jabodetabek khususnya kota Depok bekaitan dengan :
Faktor sosial :
        - Group, sikap dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak group-group kecil.
        - Family Influence, keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian.
        - Roles and Status, sebuah role terdiri dari aktifitas yang diharapkan pada  seseorang untuk    dilakukan sesuai dengan orang-orang di sekitarnya.
Faktor personal :
        - Economic Situation, keadaan ekonomi seseorang akan mempengaruhi pilihan produk.
        - Lifestyle, orang-orang yang datang dari kebudayaan, kelas sosial dan  pekerjaan yang sama mungkin saja memiliki gaya hidup yang berbeda.
        - Personality and Self Concept, tiap orang memiliki gambaran diri yang kompleks dan perilaku seseorang cenderung konsisten dengan konsep diri tersebut.
Faktor psychological :
        - Motivation, kebutuhan yang mendesak untuk mengarahkan seseorang untuk mencari kepuasan dari kebutuhan.
        - Perception, orang dapat membentuk berbagai persepsi yang berbeda dari               rangsangan yang sama.
        - Learning, pembelajaran adalah suatu proses yang selalu berkembang dan                 berubah sebagai hasil dari informasi terbaru yang diterima.
Faktor cultural :
        - Subculture, sekelompok orang yang berbagai sistem nilai berdasarkan                     persamaan pengalaman hidup dan keadaan.
        - Social Class, pengelompokan individu berdasarkan kesamaan nilai, minat               dan perilaku.

pengaruh seseorang untuk membeli suatu barang

yang mempengaruhi konsumen dalam memutuskan membeli suatu barang adalah :
1.iklan , bagaimana iklan tersebut mempengaruhi seorang konsumen di media massa .
2. lingkungan sekitar , bila salah satu teman menggunakan suatu produk baru otomatis hal ini akan memancing yang lainnya agar membeli suatu produk tersebut .
3. kebutuhan individu , konsumen akan memutuskan membeli barang apa yang dibutuhkan dan barang apa yang menjadi prioritas
4. merk , sebagian masyarakat lebih percaya kepada merk merk yang terkenal .
5. pengaruh keluarga , konsumen yang sudah berkeluarga akan lebih selektif dalam membeli suatu produk.
6. loyalitas terhadap suatu merk , jika konsumen loyal terhadap suatu merk produk tersebut dia pasti akan selalu menggunakan produk dari merk tersebut .